• Jumat, 2 Desember 2022

Pemkot Makassar Gagal Pertahankan Aset Lahan yang Diklaim Pengusaha, Ingin Ajukan Banding

- Kamis, 24 November 2022 | 12:44 WIB
Ilustrasi Kota Makassar (news.ddtc.co.id/Pemkot Makassar)
Ilustrasi Kota Makassar (news.ddtc.co.id/Pemkot Makassar)

SulselNetwork.com — Pemerintah Kota Makassar (Pemkot Makassar) Sulawesi Selatan (Sulsel) gagal mempertahankan aset fasilitas umum (fasum) yakni jalanan, dikarenakan pengusaha pemilik Toko Bandung Gorden memenangkan gugatan sengketa lahan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar.

Kepala Dinas Pertanahan Makassar Akhmad Namsum mengatakan, kasus ini berproses setelah pihak pengusaha yang mengklaim kepemilikan lahan menggugat Pemkot Makassar ke pengadilan. Namun Pemkot terpaksa menelan kekecewaan sebab gugatan itu dimenangkan pihak Toko Bandung Gorden.

"Kita Dinas Pertanahan Pemkot Makassar yang mati-matian untuk mengembalikan fungsi lahan untuk kepentingan umum digunakan oleh semua masyarakat sebagai fasilitas jalan tapi ternyata penggugat dimenangkan oleh pengadilan," ujar Namsum.

Namsum kemudian merasa heran atas keputusan PN Makassar itu. Dia beralasan aset yang berada di kawasan Pasar Sentral Makassar tepatnya di Jalan HOS Cokroaminoto Makassar, Kelurahan Pattunuang, Kecamatan Wajo itu berupa fasum.

Baca Juga: Sinopsis Drakor Reborn Rich, Tentang Kotornya Perebutan Kekuasaan dan Misi Balas Dendam Song Joong Ki

"Itu Bandung Gorden itu kan berdiri di atas fasilitas umum jalanan dan semua orang tahu itu sejarahnya ada jalanan," tuturnya.

Namun belakangan aset tersebut beralih fungsi. Lahan yang berdiri di atas fasum Pemkot Makassar justru berdiri bangunan permanen Bandung Gorden.

"Dari proses waktu berjalan awalnya memang begitulah kalau fasum itu terserobot. Awalnya sedikit-sedikit akhirnya pelan-pelan, lama-kelamaan eh menjadi bangunan permanen," beber Namsum.

Padahal pihaknya sudah melakukan penertiban terhadap Bandung Gorden pada Desember 2021 lalu. Hal ini karena bangunannya dianggap melanggar telah berdiri di atas fasum.

Halaman:

Editor: Mardhani Muchlis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Mengepung Sulsel, hingga Ada Anak yang Hanyut

Jumat, 18 November 2022 | 16:32 WIB
X